Friday, December 15, 2017

Situak Lotok Sipagogo, Wisata Air Terjun di Pasaman Barat


by 
dimuat di minangtourism.com (8/8/2017)

Akhir-akhir ini masyarakat Dunia Maya khususnya Ujung Gading Pasaman Barat kini mulai di usik keresahan. Nah, bukannya resah karna tindakan kriminalitas dan moralitas. Namun setelah ditemukannya air terjun nan anggun dan mempesona dipelosok negeri ini. Tepatnya di Situak Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat – Sumatera Barat – Indonesia.
Sebenarnya bukan baru ditemukan nih buddies, cuman baru diekspos.
Bagi masyarakat sekitar, nama air terjun ini lebih dikenal dengan “Sampuran Situak Lotok Sipagogo”
Untuk mencapai ke air terjun ini cukup hanya meluangkan waktu Setengah jam dari pusat pasar ujunggading dengan menggunakan sepeda motor. Untuk mencapai ke lokasi kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit sambil melewati perkebunan warga situak. Yang mana lereng dan bukit akan menjadi pijakan kaki kita dan pemandangan disepanjang jalan akan memanjakan mata setiap para pengunjungnya.
Karna airnya yang mengandung belerang sehingga menimbulkan warna biru dan gak kalah cantiknya buat para pemburu Photo-photo underwater, karna airnya bersih dan menyegarkan.
Air terjun ini mempunyai cerita tersendiri, yang mana ceritanya ialah Pada zaman kerajaan masih Berlaku di seantero negeri ini. Dan dimasa inilah hidup seorang jawara yang bernama Sipagogo. Dia adalah seorang yang kuat dan hebat sehingga dengan kekuatannya dan kehebatannya tidak ada yang mampu untuk menandinginya di wilayah ini. Dalam ceritanya Dia bertapa dibawah air terjun, dan ia mempunyai seekor ayam yang di ikat disalah satu rumpun bambu yang ada dipinggir sungai disekitar air terjun (sekarang telah hanyut harna Arus air).
Dan ayam itulah yang selalu membangunnya jika ada orang yang datang dan memberi isyarat saat seseorang datang. Kabarnya sipagogo pernah berjumpa dengan Tuanku Syeh Imam Bonjol. Namun belum diketahui apakah dia telah masuk islam pada masa itu. Dikabarkan Sipagogo dikutuk oleh gurunya karna telah murka sehingga dia menjadi batu dan dibawah jatuhan air terjun itulah batu dari sipagogo sedang bertapa.
Dikabarkan kepalanya telah terputus karena waktu itu air sungai naik dan menghanyutkan batang kayu besar sehingga menimpa kepalanya dan menyebabkan putus dan jatuh kedasar sungai. Sehingga sampai sekarang patungnya tidak mempunyai kepala lagi.
Unikkan buddies ceritanya. Ini hanya sedikit dari pemaparan dari salah seorang warga untuk lebih jelasnya seilahkan kunjungi dan disana anda akan mengetahui hal yang sebenarnya.

No comments: