Saturday, February 06, 2016

Roberto Mancini pernah bermain di Stadion Teladan, Medan tahun 1996

Jika ada yang bertanya, siapa pemain sepak bola dunia yang pernah saya tonton, saya hanya punya satu nama yang diingat. Dia adalah pemain Sampdoria saat itu (1996) bernama Roberto Mancini. Hasil gambar untuk roberto mancini sampdoria 1996 indonesia stadion teladan

Saat itu tahun 1996, saya baru 2 tahun kuliah di Medan. Timnas Indonesia menggelar pertandingan persahabatan di Medan, tepatnya di Stadion Teladan. Saat itu timnas Indonesia sangat terkenal karena diperkuat pemain-pemain yang pernah bergabung di Primavera.

Kesempatan menonton Sampdoria di Medan tidak saya lewatkan. Dengan menyisihkan uang kiriman bulanan saya membeli tiket. Dan konon, pertandingan Sampdoria vs Indonesia itu menjadi big match terbesar yang pernah dipertandingan di Stadion Senayan.

Saat itu, penonton membludak hingga ke tepi lapangan. Semula pertandingan sempat ditunda karena banyaknya penonton. Panitia mungkin khawatir dengan keselamatan pemain karena penonton yang sangat dekat dengan lapangan. Akhirnya, panitia mendapat jaminan bahwa penonton akan tertib. Dibuatlah garis putih dengan kapur, satu meter dari lapangan. Dan penonton dengan tertib berada di belakang garis putih. Saya kebagian tempat persis di belakang gawang. Hanya satu meter dari jaring gawang. Dengan jelas saya bisa menyaksikan semua gol yang terjadi di pertandingan itu.

Pemain yang saya ingat tentu saja sang bintang Roberto Mancini. Pelatih Sampdoria kala itu adalah Sven Goran Erickson. Sebelumnya, kedua kesebelasan sudah bertanding di SU GBK. Pertandingan di Medan adalah pertandingan kedua mereka.

Saat itu, Timnas Indonesia diiisi oleh kiper Kurnia Sandy yang ketika itu adalah kiper ke 4 Sampdoria. Nama Kurnia Sandy masih tercatat di situs wikipedia Sampdoria berikut ini.

Skuad Sampdoria saat itu adalah seperti di bawah ini, namun saya lupa siapa saja yang dibawa ke Medan kala itu.
Hasil gambar untuk skuad sampdoria 1996

Goalkeepers

Defenders

Midfielders

Attackers

No comments: