Saturday, March 19, 2016

Rio Haryanto dan Zaskia Gotik, Dua Sosok Beda Kutub yang Kuasai Berita Pekan Ini

Selama sepekan ini, pemberitaan di sosial media dikuasai sosok Rio Haryanto dan Zaskia Gotik. Dua nama yang berbeda kutub jika dibandingkan dengan apa yang mereka alami.
Rio Haryanto mendapat perhatian media atas prestasinya membawa nama Indonesia di kancah ajang Balap Formula 1. Ia menjadi putera Indonesia pertama yang mampu mencapai level tersebut. Bahkan di musim balapan 2016, Rio Haryanto menjadi satu-satunya pebalap asal Benua Asia yang berlaga di ajang F1.
Berita tentang Rio Haryanto menguasai pemberitaan di TV, sosial media dan media cetak. Warga Indonesia mendukung keberadaan Rio di F1. Meski mendapatkan hasil kurang menggembirakan di latihan, dukungan terhadap Rio tidak kendur.
Berbanding terbalik dengan Zaskia Gotik yang juga sama-sama banyak mendapatkan pemberitaan di dunia maya. Zaskia bukan membuat bangga Indonesia namun justru mendapat masalah karena dianggap menghina lambang negara. Dalam program "Dahsyat", Zaskia Gotik menjawab pertanyaan dengan asal-asalan. Sayangnya, pertanyaan yang diajukan dalam "Cerdas Cermat-Cerdas Cermatan" itu adalah pertanyaan serius.
Jawaban asal bercanda ala Zaskia Gotik itu berbuntut panjang. Jawabannya juga ada hubungannya dengan buntut. Saat Denny Cagur bertanya apa lambang sila ke-5 Pancasila, Zaskia Gotik menjawab "Bebek Nungging". Sebelumnya, ia ditanya tanggal berapa Hari Kemerdekaan Indonesia, jawabannya: "Usai azan subuh tanggal 32 Agustus". Jawaban asal memang, karena tidak ada tanggal 32 Agustus. Zaskia Gotik mengelak bahwa jawabannya itu hanya dalam konteks bercanda. Namun, dua artis lain yang juga ikut dalam acara itu, justru memberikan jawaban yang benar alias jawaban serius. Lewat insiden itu, Zaskia Gotik mendapat banyak liputan.
Selain Rio Haryanto dan Zaskia Gotik, tokoh yang banyak mendapat sorotan dalam pekan lalu adalah Hary Tanoesoedibjo yang memenuhi panggilan Kejaksaan Agung dalam kasus pajak.

No comments: